PENGARUH STORE ATMOSPHERE, STORE IMAGE, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO BUKU GRAMEDIA CABANG GAJAH MADA MEDAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA KEDOKTERAN METHODIST MEDAN)

Abd. Halim, Abd. Rasyid Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  Store Atmosphere, Store Image dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia Cabang Gajah Mada Medan Pada Mahasiswa Kedokteran Methodist Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Sampling Insidental. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji signifikan simultan (uji F), pengujian signifikan parsial (uji t), dan pengujian koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan antara variabel Store Atmosphere, Store Image dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia Cabang Gajah Mada Medan pada Mahasiswa Kedokteran Methodist Medan (uji F). Pada pengujian secara parsial (uji t) diketahui bahwa variabel Store Atmosphere, Store Image, Kepuasan Konsumen berpengaruh secara positif dan signifkan terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia Cabang Gajah Mada Medan pada Mahasiswa Kedokteran Methodist Medan. Melalui pengujian koefisien determinasi yang disesuaikan Ajusted R Square diperoleh nilai sebesar 0,35,5 berarti 35,5% faktor-faktor Keputusan Pembelian Konsumen dapat dijelaskan oleh Store Atmosphere, Store Image, Kepuasan Konsumen. Sedangkan sisanya 65,5% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Store Atmosphere, Store Image, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Berman, Barry , and Joel R, Evans, 2007. Retail Management, New Jersey: Prentice Hall.

Darsono, 2013. “Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Toko dan Barang, Sarana Pendukung Terhadap Keputusan Pembelianâ€, Jurnal Ekonomi STIE Dharma Putra Semarang. Volume 11 Nomor 38.

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 12, Jilid Satu, PT Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller K Lane. (2012). Marketing Management, 14th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Lovelock , Wirtz. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Indeks.

Maretha, Vitta, Kuncoro Engkos Achmad, 2011. “Pengaruh Store Atmosphere dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Buku Gramedia Pondok Indahâ€, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Nusantara Jakarta. Volume 2 Nomor 2 Hal 1-13.

Marlina AZ, Siti. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario (Studi pada pengguna Motor Honda Vario di Kecamatan Muara Bulian).

Schiffman, Leon & Kanuk, Leslie Lazar, 2008. Consumer Behaviour 7th, Edition (Perilaku Konsumen), PT Indeks, Jakarta.

Situmorang dan Lufti, 2014. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis, USU Press, Medan.

Sopiah dan Syihabudhin, 2008. Bisnis Ritel, CV Andi Offset, Yogyakarta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sujana, Asep ST, 2013. Manajemen Minimarket, Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup), Jakarta.

Supramono & Haryanto, Jony Oktavian. (2006). Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Suryani, Tatik, 2008. Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu, Surabaya.

Zeithaml, A, Valerie and Leonard, Berry, (2009), The Behaviorial Consequenses of Service Quality, New Jersey: Mc Graw hill, inc.




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.1400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

ECOBISMA (Journal of Economics, Business and Management) [p-ISSN: 2477-6092] [E-ISSN: 2620-3391] managed by the Faculty of Economics and Business, Labuhanbatu University is disseminated under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-Share Alike 4.0 International License.
Based on work at http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.