PENGARUH DAYA TARIK IKLAN MOTIVASI KONSUMEN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MITSUBISHI PAJERO SPORT PADA PT. SUMATERA BERLIAN MOTOR RANTAUPRAPAT

Nurmayanti, Pristiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan dan mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik iklan, motivasi konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk Mitsubishi Pajero Sport di Labuhanbatu. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda melalui perangkat lunak SPSS versi 16 dengan hasil yaitu: Y=0,618 X1 + 0,456 X2 + 0,579 X3 + e. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikatorpada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan terdistribusi secara normal.Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel daya tarik iklan dengan koefisien regresi sebesar 0,618, lalu variabel motivasi konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,456 dan berpengaruh paling rendah.Sedangkan variabel kualitas produk dengan koefisien regresi sebesar 0,579.Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar 47,665 dan dengan tingkat signifikansi 0,000. Dimana F hitung lebih besar dari F tabel (3,20) dan dengan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari α (0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Agung Nugroho. 2006. Strategi Jitu memilih metode statistic penelitian dengan SPSS.Yogyakarta:Gramedia.

Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasali, Rhenald. 2006 :Manajemen Periklanan Konsp dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti.

Rangkuti, Freddy. 2006. Riset Pemasaran. Jilid 1 edisi 3, penerbit Erlangga.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. CV Alfabeta. Bandung.

Fandy Tjiptono. 2007. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Andi.Yogyakarta.

Aldaan Faikar Annafik. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Daya tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Nugroho J. Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi (Untuk Strategi dan Penelitian Bisnis Pemasaran). Jakarta: Prenada Media.

Lupioadi, R.2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan KuantitatifKualitatif dan R&D). Edisi 8. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Bumi Aksara. Yogyakarta

Kotler, Philip. 1996. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,

Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Penerbit Erlangga

------------------- dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta:

Prenhallindo

-------------------- dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta:

Penerbit Erlangga

----------------------------------------------- 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jilid 1.

Jakarata: Penerbit Erlangga

------------------- dan K. L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta:

PT Index

------------------------------------------- 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2.

Jakarta: PT Index

Handoko, T. Hani dan Swastha, Basu. 2006, Manajemen Pemasaran: Analisa PerilakuKonsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Zeithaml V.A., (1988), Consumer Perception of Price, Quality and Value : A Means-EndModel and Synthesis of Evidence, Journal of Marketing, vol. 52.

Augusty,Ferdinand.2006.Metode Penelitian manajemen:Pedoman Penelitian untuk Skripsi,Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen.Badan Penerbit Universitas Diponegoro:Semarang.

Schiftman,Leon,G and Kanuk, Leslie Lazar.1994.Cunsomer Behavior 8th edition.Perarson Prentice Hall.

Rully Priamitra dan Drs. Sugiono M.Si.2010.“Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza di Semarang.Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

http://www.datapenjualanMitsundo.com diakses 20 Januari 2016

http://www.keunggulanMisubishidanToyotaterbaru.com diakses 20 Januari 2016




DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecob.