PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI BERBASIS PETA KONSEP DENGAN METODE EKSPOSITORI PETA PIKIRAN PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Nurlina Ariani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori berbasis peta konsep dengan metode ekspositori berbasis peta pikiran pada pokok bahasan dimensi tiga, (2) Untuk mengetahui perbedaan metode ekspositori berbasis peta konsep dengan metode ekspositori berbasis peta pikiran pada pokok bahasan dimensi tiga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangkatan sebanyak 70 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Dengan mengkonsultasikan thitung nilai post test = 2,26


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i2.1242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.