PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII MTs SWASTA ISLAMIYAH PADANG MANINJAU

Muhammad Yunus

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs Swasta Islamiyah Pandang Maninjau. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Swasta Islamiyah. Kelas VII A MTs Swasta Islamiyah sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa kelas VII A MTs Swasta Islamiyah sebanyak 32 orang dan jumlah siswa kelas VII B sebanyak 32 orang. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan penelitian selama Problem Based Learning (PBL) dengan menekankan pada hasil belajar dalam menyelesaikan masalah, maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa Ho di tolak artinya terdapat pengaruh kemampuan hasil belajar dalam menyelesaikan masalah matematika siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang memperoleh model pengajaran konvensional, diperoleh rata-rata hasil belajar matematika siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) adalah 6,62 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang memperoleh model pengajaran konvensional adalah 6,24.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i2.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.