KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN LEMBAR KERJA TERSTRUKTUR PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS FUNGSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 09 KUALUH HULU

Muhammad Yunus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai apakan ada pebedaan hasil belajar matematika pada materi kompsisi fungsi dan invers fungsi antara pembelajaran berbantu lembar kerja terstruktur dan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan lembar kerja terhadap hasil beajar matematika pada materi komposisi fungsi dan invers fungsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu, diambil secara acak yaitu dengan mengambil dua kelas yaitu satu kelas untuk kelas kontrol (kelas XI IB) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen (kelas XI IA). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian diperoleh setelah dilakukan tes hasil belajar dengan soal yang sama diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 74,13 sedangkan kelas control sebesar 69,24. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas control. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t. dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,761 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control. Sehingga dari data diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantu lembar kerja lebih efektif daripada pembelajaran konvensional pada materi komposisi fungsi dan invers fungsi


Full Text:

PDF

References


Dr. Rusman, M.Pd. 2011. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Prof. Dr. Emzir, M.Pd. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mel Silberman, Dr. Komaruddin Hidayat. Aktive Learning. Yogyakarta, Pistaka Insan Madani.

Abdullah Munir. Pendidikan Karakter. Yogyakarta, Pistaka Insan Madani.

Depdiknas. 2003. Krikulum 2004 Standart Kompetensi. Jakarta: Balai Pustaka.

Zainal Arifin, Adhi Setiyawan2012. Pengembanagan Pembelajaran Aaktif denag ICT. Sleman, Yogyakarta.

Poewadarminta. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Blai Pustaka.

Sudjana, Amin. 2004. Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Tim Penyusun KBBI. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

UUndang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Siatem Pendidikan Nasional.

Widyaiswara LPMP. 2006. Pengemabangan Model Pembelajaran. Semarang: Widyaiswara LPMP Jawa Tengah.

Wirodikromo, Sartono. 2004. Matematika Untuk SMA Kelas XI Semester II. Jaakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i1.1272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.