UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM OPERASI PERKALIAN DENGAN METODE LATIS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Salah satu operasi dalam bilangan yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah operasi perkalian bilangan. Operasi perkalian bilangan salah satu topik yang sulit dipahami sebagian peserta didik khususnya pada perkalian multidigit atau angka banyak.Sehingga hal ini menghambat dalam proses kegiatan belajar mengajar matematika. Untuk itu, perlu upaya untuk mengatasi kesulitan yang di alami peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengatasi kesulitan siswa pada operasi perkalian dan Untuk mendeskripsikan penerapan metode latis pada materi bilangan. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VII dan objek dalam penelitian ini adalah kelas VII-D.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang di gunakan, (a) Lembar Observasi Guru dan Siswa, (b) Lembar Panduan Wawancara, (c) Dokumentasi, (d) Catatan Lapangan, (e) Hasil Belajar. Jumlah siswa sebanyak 30 orang, 14 siswa laki-laki, dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, siswa yang mendapat nilai  adalah 86,67%, maka dapat disimpulkan bahwa metode perkalian latis dapat mengatasi kesulitan siswa pada operasi perkalian. Melalui penelitian ini, hendaknya guru menggunakan metode perkalian latis dalam mempelajari operasi perkalian bilangan, senantiasa membimbing siswa sehingga bisa melakukan operasi perkalian bilangan dengan baik, serta siswa di harapkan untuk mempraktikkanya sampai menjadi mahir dan terampil dalam mengerjakan operasi perkalian bilangan khususnya perkalian angka banyak/multi digit.
Kata kunci : Kesulitan Siswa; Operasi Perkalian; Metode Latis
Full Text:
PDFReferences
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. 2018.Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter.Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan(diakses 5 April 2019).
Ariani, Nurlina. 2017. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Kelas VII SMP Negeri 1 Torgamba Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal SIGMA Vol.3 No.1 38-47. https://doi.org/10.36987/jpms.v3i1.1280
Turmudi. 2009. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif dan Investigatif.Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka
Yuliawati, Suprihatiningrum dan Agung, R. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta: Pedagogia
Arikunto, Suharsimi. Suhardjono dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Intan, Khumairoh. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Latis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Islam Hidayatullah Pada Materi Operasi perkalian Pecahan Desimal Mata Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2016/2017.Skripsi Tidak diterbitkan. Semarang: UIN Walingoso (diakses 14 Maret 2019).
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2011. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima
Sarumaha, R. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman KonsepMatematis Siswa SMAS Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing.Jurnal Education and development, Vol.3 No.1, 68-72, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan (diakses 5 April 2019).
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1608
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.