Analisis Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Mahasiswa
Abstract
Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh pembelajaran Online terhadap kemampuan koneksi matematika mahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi di STIE Dwi Sakti Baturaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang dibagi menjadi pretest dan postest. Teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematika mahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi. Nilai rata-rata tes awal adalah 41,17 meningkat sebesar 16,99 menjadi 58,16 pada tes akhir. Dari hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,814 dan ttabel (df 62 = 1,669). Nilai thitung (6,814) > ttabel (1,669). Hasil menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran Online memiliki pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematikamahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi. Hasil analisis menunjukkan Nilai R analisis korelasi antara pembelajaran Online terhadap kemampuan koneksi matematikamahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi adalah 0,884 yang artinya sangat kuat karena mendekati 1 dan Nilai R square sebesar 78,1% yang artinya kontribusi pembelajaran Online terhadap kemampuan koneksi matematika mahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi adalah 78,1%.
Full Text:
PDFReferences
A’dadiyyah, Nurul Layalil. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan koneksi matematika Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika p-ISSN : 2620 – 6447 e-ISSN : 2620 – 6455 https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.462 40.
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Kemampuan koneksi matematikaMatematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130.
Azis, Zainal, Suvriadi Panggabean dan Hari Sumardi. Efektivitas Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan koneksi matematikaMatematika Siswa SMP Negeri 1 pahae jae. JMES JOURNAL MATHEMATICS EDUCATIONAL SIGMA.
Amri, Fahimul. (2022). Persepsi Siswa tentang Aplikasi Teknologi yang Digunakan dalam Pembelajaran Online. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halm 250 – 258 EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education
https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125.
Badjeber, R., & Fatimah, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 18.
Daroini, Ahmad Faizun dan Herlia Alfiana. Kesulitan Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi: Kebutuhan Akan Modul Untuk Belajar Mandiri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Volume 6, No. 1, Maret 2022
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4604 This is an open access article under the CC–BY-SA license 1.
Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11.
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79.
Krisna, Evi Dewi, dan Ni Kadek Suryati. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Online Di SMK TI Bali Global Denpasar Pada Masa Pandemi Covid-19. PENDIPA Journal of Science Education, 2022: 6 (1), 209-217 ISSN 2086-9363 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa 209.
Listyotami, M. K. (2021). Evaluasi Keterampilan Koneksi Matematika dengan Blended Learning di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwi Sakti Baturaja.
_______________. Analisis Kecemasan Matematika dan Self Efficacy pada E-Learning Kokurikuler SPSS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1819–1824.
Longa, Albina Evarista. Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan koneksi matematikaMatematika Pada Siswa Kelas X Ips 3 SMA Negeri 1 Maumere. JOTE Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 49–57 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education.
Masyithoh, Dewi dan Nurul Arfinanti. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PADA ERA NEW NORMAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA
MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Volume 13 Nomor 2, Halaman 160 – 167 p-ISSN: 2085-3610, e-ISSN: 2746-7503
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma.
Pendy, Agnes, dkk. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halm 19 – 27 EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education.https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.
Putriana, Canthika, dan Noor. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 2, No. 1, Juni 2021, pp: 1~6 p-ISSN: 2723-1208, e-ISSN: 2723-1194
e-mail: mathlocus@untidar.ac.id, website: jom.untidar.ac.id/index.php/mathlocus.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.