Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Siantar

Detrice Ade Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar. Penelitian ini menggunakan teknik yang disebut Quasi Experimental Design, yang tergolong metode penelitian kuantitatif. Selain ditemukan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen, hasil perhitungan analisis data menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel. Temuan ini diperoleh selain temuan bahwa instrumen telah diuji dan terbukti memiliki hasil yang valid. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar, dan hipotesis penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif yang dikenal dengan Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sebagai hasil dari perhitungan yang dilakukan dengan uji-t, dapat disimpulkan bahwa hipotesis valid, khususnya nilai t hitung yaitu 6,217 lebih tinggi dari nilai t tabel yaitu 2,002. Diharapkan bahwa temuan penelitian ini akan bermanfaat bagi berbagai pemangku kepentingan, termasuk pendidik, mahasiswa, dan peneliti masa depan.

Kata kunci : Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Muliawan, J. 2012 . Menyulap Siswa Kaya Prestasi di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: FlashBooks.

Musfiqon, H. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Setiawan, Eko. 2018. Pembelajaran Tematik Teoritis dan Praktis. Jakarta : Esensi.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Sukmayasa, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika . E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian teori dalam penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49-58.

Rohimah, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan komunkasi matematis kelas VII MTS Thamrin Yahya (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.