Travelling Salesman Problem untuk Optimasi Rute Terpendek Menggunakan Program Dinamik

Joy Putra Sagala

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan rute dan biaya pick up barang yang optimal pada perusahaan logistik di Pematangsiantar dimana ada 6 titik rute yang akan diteliti, menjadikan hasil penelitian sebagai pengambilan kebijakan perusahaan dalam menentukan rute yang akan digunakan. Metode penelitian yang digunakan peneliti mengunakan metode kuantitatif, analisis data menggunakan analisis Travelling Salesman Problem  menggunakan program dinamik dengan model matriks. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rute terpendek yang didapat yaitu dimulai dari Siantar Martoba, kemudian ke Cabang Siantar, kemudian ke Siantar Selatan, kemudian ke Siantar Sitalasari, kemudian ke Siantar Marimbun, kemudian ke Siantar Barat, dan kembali ke Siantar Martoba dengan jarak sebesar 23,5 kilometer. Sedangkan waktu tercepat yang diperoleh untuk melewati semua titik yaitu 47 menit. Maka berdasarkan hasil optimal rute terpendek yang telah di dapat yaitu 23,5 km, maka bahan bakar yang digunakan  adalah sebanyak 2,9 liter solar dengan biaya sebesar Rp.19.720.


Full Text:

PDF

References


Santosa, B. (2017). Pengantar Metaheuristik: Implementasi dengan Matlab (Vol. 1). ITS Tekno Sains.

Yunus, H., & Helmi, S. M. (2015) Metode Program Dinamis Pada Penyelesaian Traveling Salesman Problem. Bimaster Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 4(03).

Utomo, H. T., Pulungan, M. H., & Santoso, E. S. M. (2004). Minimasi Biaya Distribusi Tempe Dengan Menggunakan Metode Travelling Salesman Problem (TSP)(Studi Analisa Usaha Kecil Hikma Sanan –Malang). Jurnal Teknologi Pertanian, 5(2).

Ningtyas, D. K., Evania, V., & Ernastuti, E. (2008, August). Evaluasi Kinerja Algoritma Traveling Salesman Problem dengan Teknik Pemrograman Dinamik. In Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008). Gunadarma University.

Rangkuti, A. (2014). Penerapan Model Dinamik Probabilistik pada Produksi Kendaraan Bermotor dalam Negeri Tahun 2009-2013. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 11(1), 8-16.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.