Arah Baru Pembelajaran Matematika Pada Mahasiswa Di Era Society 5.0

Nelly Mursyidah, Muhammad Muhammad

Abstract


Munculnya peradaban baru yang mengalamai pengembangan dari revelusi sebelumnya yaitu era industry 4.0 yang mengalami perkembengan menjadi era society 5.0 mengejutkan semua sektor termasuk dunia pendidikan. Hal ini disebabkan sektor pendidikan era industry 4.0 belum sepenuhnya ditaklukkan kini muncul era baru yang memaksa kita berfikir kritis dan tidak boleh tertinggal. Peneltian ini merupakan penelitian library research dengan menelaah beberapa artikel dan buku terkait isi pendidikan dan pengajaran terkait era society 5.0. Hasil telah tersebut menjunjukkan bahwa era society 5.0 lebih memperdayakan peran sumber daya manusia. Untuk itu perlu mempersiapkan diri untuk mengahadapi era society 5.0 Dalam pendidikan unsur pertama yang berhadapan dengan perubahan ini adalah SDM-Dosen, tentunya unsur ini tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan membentuk tahapan berpikir menjadi lebih baik atau kritis sehingga terbentuk perubahan perilaku perilaku ke arah yang lebih positif. Seorang pendidik memiliki peranan yang sangat crucial dalam menentukan masa depan suatu bangsa. Pengembangan SDM menjadi unsur wajib pada era ini, mengingat banyaknya temuan SDM yang masih asing dengan dunia IT dalam proses pembelajaran dikampus dan masih melaksanakan proses pembelajaran dengan cara traditional. Selanjutnya tenaga pendidikan membiasakan melaksanakan proses pembelajaran e-learning untuk agar memperkaya informasi dan ruang gerak lebih pada mahasiswa. Selain itu, tenaga pendidik perlu mengajak mahasiswa untuk terus berinovasi dan memberikan bimbingan untuk terus terpacu dengan waktu memanfaatkan berbagai momen luar akademik untuk menambah ilmu pengetahuan agar potensi yang dimiliki masing-masing dapat berguna dan menjadi daya jual di era yang notabennya sangat menghargai skill dibanding nilai akademik semata.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.