Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Dharma Pancasila Medan

Destiyati Yulrima Lubis, Dewi Syafriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran bervariasi menggunakan media pembelajaran powtoon pada materi termokimia, serta melihat interaksi antara hasil belajar siswa terhadap minat belajar siswa kelas XI MIA SMA Swasta Dharma Pancasila Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 2 kelas, dimana kelas pertama diberi pembelajaran dengan model Problem Based Learning sedangkan kelas kedua diberi pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E. Pembelajaran pada kedua kelas tersebut didukung dengan media Powtoon. Uji hipotesis  dilakukan dengan ANOVA dua jalur (ANOVA two-way) with General Linear Model (GLM) univariate dengan hasil penelitian pada model pembelajaran yang bervariasi diperoleh harga sig. 0,044 < 𛼠(0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar  siswa pada materi termokimia yang dibelajarkan dengan model pembelajaran bervariasi. Pada minat belajar yang bervariasi diperoleh sig. 0,004 < 𛼠(0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat  perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada materi termokimia yang dibelajarkan dengan minat belajar bervariasi. Selanjutnya  pada interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar diperoleh harga sig. 0,049 < 𛼠(0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap nilai hasil belajar siswa pada materi termokimia.


Full Text:

PDF

References


Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2).

Arief, S. & Pratama, H. F. A., (2009). Pengaruh pemanfaatan e-learning, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 1-12.

Riyanto, C.A. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Minat dan Penguasaan Konsep Koloid Siswa SMA N 8 Bandarlampung. Skripsi. FKIP Universitas Lampung Bandarlampung.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA Teori dan Praktek. Bandung: Rizqi Press.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press.

Umi, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127-136.

Shoimin, Aris (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Awalia, I., Pamungkas, A.S., & Alamsyah, T.P. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1):49–56.

Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1).

Muldayanti, N.D., (2013).Pembelajaran Biologi ModelSTAD dan TGT Ditinjau dariKeingintahuan dan Minat Belajar Siswa, JurnalPendidikan IPA Indonesia, 2(1): 12-17.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.