Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Sijunjung

Hendrik Jenius, Ramadoni Ramadoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kesulitan belajar matematika pada siswa. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah kurangnya perhatian dalam proses pembelajaran, membuat pemodelan, dan menyelesaikan soal cerita. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatatif untuk menggambarkan kesulitan belajar pada materi trigonometri. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Sijunjung dengan subjek penelitian berjumlah 21 siswa dari kelas XI MIPA 2. Alasan XI MIPA 2 sebagai subjek dalam penelitian ini ialah berdasarkan pertimbangan tertentu kelas tersebut memiliki beragam kesulitan dalam belajar matematika, khusus nya pada materi  trigonometri matematika peminatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kesulitan siswa yang paling tinggi sampai yang paling rendah adalah kesulitan memahami masalah, kesulitan tidak menuliskan hasil, kesulitan tidak melanjutkan proses penyelsaian dan kesulitan meneyelsaikan soal/perhitungan. Dimana jenis kesulitan memahami masalah memperoleh nilai 100% termasuk dalam interpretasi sangat tinggi. Jenis kesulitan tidak melanjutkan proses penyelesaian memperoleh nilai 40% termasuk dalam interpretasi rendah. Jenis kesulitan menyelesaikan soal/perhitungan memperoleh nilai 35% termasuk dalam interpretasi rendah dan terakhir jenis kesulitan tidak menuliskan hasil memperoleh nilai 75% termasuk dalam interpretasi tinggi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan. PT. Rineka Cipta.

Avana, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 103–114. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.199

Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689

Darmawan, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif (1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM :Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual PRISMA, 7(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Kartowagiran, B., Retnawati, H., Sutopo, &Musyadad, F. (2017). Evaluation of the implementation of curriculum 2013 vocational. International Conference on Education, Research and Innovation (ICERI 2017), (May 2018), 814–819.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., &Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu- jer.9.1.375

Nursalam. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika. Lentera Pendidikan :Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a1

Rizkiani, Astri. Ari, S. (2019). Kemampuan Metakognitif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–284.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sutama, S., Narimo, S., &Samino, S. (2015). Management Of Curriculum 2013 Mathematic Learning Evaluation In Junior High School. International Journal of Education, 7(3), 164. https://doi.org/10.5296/ije.v7i3.8335

Suryani, H., & Faizah, S. I. (2015). Peran Masjid Sebagai Roda Penggerak Perekonomian Masyarakat (Penelitian Deskriptif Pada PKL di Kawasan Masjid Al-Akbar Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(5), 387. https://doi.org/10.20473/vol2iss20155pp387-399

Ulfiani, R., Nursalam, N., & M. Ridwan, T. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswakelas x ma negeri 1 watampone kabupaten bone. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 86–102. Retrieved from alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2752

Yeni, EtyMukhlesi. 2015. Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.