Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Menentukan Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya

Indah Wahyuni, Ainur Rohmah, Ika Novi Putri Juwita, I'Anatul Muhtaromah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan kreatif matematis siswa pada materi segitiga. Seiring dengan tujuan tersebut, artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan mengolah pikiran sedemikian rupa sehingga menghasilkan ide-ide baru yang membantu memecahkan masalah. Akan tetapi, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong rendah terutama pada materi segitiga khususnya jenis segitiga. Berdasarkan data dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Siswa dengan kode AG dan HR belum mampu meraih ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kefasihan sehingga masuk ke dalam kategori tingkat ke-1 atau tidak kreatif. Siswa dengan kode FD dan DS hanya mampu meraih satu indikator saja yaitu kefasihan sehingga dikategorikan ke dalam tingkat ke-2 atau kurang kreatif. Sedangkan siswa dengan kode RL dan JK hanya mampu meraih dua indikator yaitu kefasihan dan fleksibilitas, maka dapat dikategorikan ke dalam tingkat ke-3 atau kreatif. Sebagian siswa di SMP Zainul Hasan Balung berada pada tingkat ke-2, dengan demikian dapat diartikan bahwa kemampuan berpikir kreatif di SMP Zainul Hasan Balung tergolong sedang atau kurang kreatif.


Full Text:

PDF

References


I. Wahyuni and E. Alfiana, “Analisis Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Fungsi Komposisi,†PHI J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.33087/phi.v6i1.198.

N. Ulandari, R. Putri, F. Ningsih, and A. Putra, “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras,†J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 3, 2019, doi: 10.31004/cendekia.v3i2.99.

N. Hamidah, Sumarni, and N. Adiastuty, “Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Antara Siswa Yang Mendapatkan Model Mind Mapping Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan Dan Model Problem Based Learning,†J. Edukasi dan Sains Mat., vol. 5, 2019, doi: 10.25134/jes-mat.v5i1.1735.

Lisliana, A. Hartoyo, and Bistari, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP,†Pendidik. Mat., vol. 5, 2016.

I. A. Kadir, T. Machmud, K. Usman, and N. Katili, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga,†Jambura J. Math. Educ., vol. 3, 2022, doi: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388.

Y. A. Muthaharah, Kriswandani, and E. Prihatnani, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar,†J. Mitra Pendidik. (JMP Online), vol. 2, no. 1, pp. 63–75, 2018, [Online]. Available: http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/264.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.