Analisis Soal Penalaran Proposional Pada Buku Teks Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendata soal-soal yang dikategorikan kedalam soal penalaran proposional serta mengklasifikasikan atau mengelompokkan tingkatan soal penalaran proposional yang terdapat pada buku teks matematika kelas VII berdasarkan taksonomi bloom. Dimana dalam propses pengerjaannya membutuhkan penalaran yang maksimal agar menemukan jawaban yang tepat. Tingkatan dalam soal penalaran proposional ini bisa di kategorikan berdasarkan taksonomi bloom, dimana terinci mulai dari C1”pengingatan”, C2 “pemahaman”, C3 “pengaplikasikan”, C4 “penganalisis”, C5 “pengevaluasi”, C6 “penciptaan”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dari penelitian ini adalah dimana tercantumkan 50 soal penalaran proposional dengan ketentuan C1 terdapat 2 soal dengan persentase 4%, C2 terdapat 20 soal dengan persentase 40%, C3 terdapat 6 soal dengan persentase 12%, dan C4 terdapat 22 soal dengan persentase 44%. Untuk kategori tingkat kognitif C5 dan C6 tidak ditemukan pada buku teks matematika kelas VII kurikulum merdeka ini.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, I.N., Muchlis, E.E. and Agustinsa, R. (2020) ‘Analisis Soal Pada Buku Teks Matematika Siswa Kelas Vii Edisi Revisi 2017 Pada Materi Bilangan Berdasarkan Pada Taksonomi Bloom’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), pp. 350–362. Available at: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.350-362.
Aprianti, A. et al. (2021) ‘SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM KONTEKS MATHEMATICS REASONING PROBLEMS IN BENGKULU CONTEXT ABOUT LINEAR’, 4(September).
Dong, Z. (2012) ‘No TitleФормирование парадигмальной теории региональной экономики’, Экономика Региона, 1(Kolisch 1996), pp. 49–56.
Fahreza, W., Rosyadi and Sudirman (2021) ‘Analisis Soal Dalam Buku Paket Matematika SMP Kelas VII Sesuai Taksonomi Bloom Revisi’, Prosiding, pp. 268–274.
Nafiati, D.A. (2021) ‘Revisi taksonomi Bloom : Kognitif , afektif , dan psikomotorik’, 21(2), pp. 151–172. Available at: https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.
Nurahma, R., Susanta, A. and Susanto, E. (2021) ‘Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Pendamping Matematika Kelas VIII Semester 1 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi’, Didactical Mathematics, 3(2), pp. 29–40. Available at: https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1511.
Nurlaelah, E. (2015) ‘Model Pemberian Tugas Resitasi (M-Apos) Yang Dilaksanakan Dengan Bahasa Inggris Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Calon Guru’, Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(2), p. 173. Available at: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i2.232.
Pelajaran, P. and Smp, M. (2015) ‘KONSEP REVISI TAKSONOMI BLOOM DAN IMPLEMENTASINYA PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMP Ramlan Effendi’, 2.
Penilaian, D.A.N. (no date) ‘REVISI TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN ASESMEN’, (1), pp. 98–117.
Yuwono, I. and Putri, A.A. (2020) ‘ANALISIS PENALARAN PROPORSIONAL PADA SISWA’, 9(November), pp. 288–297.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.