Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatife Learning Pada Materi Vektor Di MA Al-Washliyah Tanjung Beringin

Yenni Novita Harahap, Devi Safirah, Ruizhaica Agustina, Sella Febriyanti, Mulia Dewi, Muhammad Azmi Azwar

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika pada materi vektor pada peserta didik kelas X IPA  semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptik analitik yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil kuis yang diolah dengan menggunakan deskripsi persentase dan data kualitatif yang diperoleh dari observasi tentang kegiatan guru dan peserta didik dijadikan dasar untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan model pembelajaran kooperatif. Hasil belajar peserta didik dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Untuk siklus I nilai rata-ratanya 73,39. Sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 87,50. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 58,3% dan pada siklus II sebesar 83,33%. Dengan demikian hipotesis penelitian ini terbukti. Tindakan dikatakan berhasil jika ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dan persentase peserta didik yang mencapai nilai KKM (tuntas) sudah mencapai minimal 75%. Maka PTK ini dinyatakan telah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. 


Full Text:

PDF

References


Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12 (1), 12-25.

Novalinda, R., Dakhi, O., Fajra, M., Azman, A., Masril, M., Ambiyar., Verawadina, U. (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction and Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974 - 7980. DOI: 10.13189/ujer.2020.082585.

Zebua, D. I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Pelajaran Ekonomi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 692-694. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i 1.2377

Hayati, S. R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Vektor 78 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(3), 261-273.

Yanti, G. A. A. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Proyeksi Vektor Pada Peserta Didik Kelas X MIPA-3 Semester Genap SMA Negeri 1 Maumere Tahun Pelajaran 2016/2017.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259- 265.

Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang. Cakrawala: Jurnal endidikan, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14 i1.1480

Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D.,S., dkk. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.