Analisis Kebutuhan Buku Ajar untuk Meningkatkan Literasi Matematika

Siti Ika Faidatur Rodliyah, Dyana Wijayanti, Mochamad Abdul Basir

Abstract


Kemampuan membaca siswa Indonesia berada di urutan 72 dari 77 dan kemampuan matematika berada di urutan 72 dari 78 negara. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pemilihan atau penggunaan buku ajar. Selain itu, kurangnya soal yang berorientasi pada literasi matematika juga menjadi penyebabnya. Pada pembelajaran di sekolah, perlu ada buku ajar yang memfasilitasi siswa dalam meningkatkan literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan wawancara dan studi literatur. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah seorang guru matematika dan 27 siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Jepara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Model Milles dan Huberman digunakan untuk menganalisis hasil data yang telah diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sekolah tersebut membutuhkan buku ajar yang menunjang peningkatan literasi matematika siswa. Sehingga perlu disajikan materi dan soal dengan indikator literasi matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, [e-journal] 01(01). https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Abidin, Z. (2020). Missouri Mathematics Project dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Jurnal Integral, [e-journal] 11(2), pp.1–16.

Akbar, S., 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Anggoro, D.S., Sulasteri, S., & Sriyanti, A., 2022. High School Mathematics Book Analysis Reviewed from the Scientific Approach to the 2013 Curriculum. Alauddin Journal of Mathematics Education, [e-journal] 4(1), pp.98-107.

Aufa, N., Zubainur, C.M., & Munzir, S., 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, [e-journal] 1(11).

Aulia, F., Faizata, B.N., Utami, W.B., & Rokhman, M.S. (2020). Implementation of Missouri Mathematics Project Learning Model on Mathematical Learning Achievement Reviewed From Prior Knowledge. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 20–27.

Fuad, H., Robbia, A.Z., Jamaluddin, Jufri, A. W., 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, [e-journal] 5(2), pp.108-116.

Good, T. L., & Grouws, D. A., 1979. The Missouri Mathematics Effectiveness Project : An Experimental Study in Fourth-Grade Classrooms. Journal of Educational Psychology, [e-journal] 71(3), pp.355-362. https://doi.org/10.1037/0022-0663.71.3.355

Habibi., & Suparman., 2020. Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), [e-journal] 6(1), pp.57-64.

Hadar, L.L., 2017. Opportunities to learn: Mathematics textbooks and students’ achievements. Studies in Educational Evaluation, [e-journal] 55, pp.153–166. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2017.10.002

Hayani, B., 2021. Analisis Buku Ajar Matematika SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, [e-journal] 1(1), pp.20–26. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i1.1240

Herdawati, H., 2022. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project di MTs. N 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, [e-journal] 6, pp.547–551. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2944

Holenstein, M., Bruckmaier, G., & Grob, A., 2020. Transfer Effects of Mathematical Literacy: An Integrative Longitudinal Study. European Journal of Psychology of Education, [e-journal] 36, pp.799-825. https://doi.org/10.1007/s10212-020-00491-4

Janah, S.R., Suyitno, H & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, [e-journal] pp.905-910.

Kemendikbud. 2022. Buku Bahan Ajar Harus Memiliki ISBN. Diakses dari https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/buku-bahan-ajar-harus-memiliki-isbn

Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 7(2).

Kristanto, Y. D., & Santoso, E. B., 2020. Towards a mathematics textbook for supporting 21st century learning: The student perspective. Journal of Physics: Conference Series, [e-journal] 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012037

Milles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (1984). Qualitative data analysis.

OECD. (2018). PISA 2021 MATHEMATICS FRAMEWORK. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/data/

OECD. (2021). PISA DATA. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/data/

Rahma, M. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dalam Perspektif Gender di SMA Negeri 7 Pinrang. Skripsi. Parepare: Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Rais, D. (2017). Matematika Berbasis Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA/ MA. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 189–205.

Schleicer, A. 2018. Insights and Interpretations. Diaksesdari https://www.oecd.org/pisa/

Stacey, K., & Turner, R. (Eds.). (2014). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. Springer.

Susanti, A., Resnani., & Agusdianita, N., 2021. Mathematics Textbook: an Ideal Overview of Mathematical Literacy. SHEs: Conference Series, [e-journal] 5(2), pp.18-25.

Tarim, K., & Tarku, H., 2022. Investigation of the Questions in 8th Grade Mathematics Textbook in terms of Mathematical Literacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, [e-journal] 17(2), em0682. https://doi.org/10.29333/iejme/11819

Ulumudin, I., Mahdiansyah, & Joko, B.S. 2017. Kajian Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang. Diakses dari https://litbang.kemdikbud.go.id

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I., 2020. Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, [e-journal] 3, pp.626–633.

Wijayanti, D., & Winsløw, C., 2017. Mathematical practice in textbooks analysis: Praxeological reference models, the case of proportion. REDIMAT, [e-journal] 6(3), pp.307-330. Doi: 10.1783/redimat.2017.2078

Winardi., & Dwijanto., 2017. Analisis Kemampuan Literasi Matematika melalui Model Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Open-Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, [e-journal] 6(2), pp.175-183.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.