Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Projek Based Learning (PjBL)

Heni Budiningsih, Sakinah Ubudiyah Siregar, Yacub Sitorus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan kemampuan mahasiswa merencanakan set pembelajaran lengkap serta menerapkan perangkat pembelajaran yang telah dirancang dengan menerapkan TPACK dan Meningkatkan kemampuan reflektif mahasiswa untuk peningkatan kemampuan guru serta berkelanjutan.  Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas dengan tindakan sebanyak 2 siklus dengan menggunakan prosedur penelitian  model  Kemmis  dan  Mc.  Taggart  yang  terdiri  dari  perencanaan (planning),  pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan reflkesi (reflecting). Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  menggunakan  teknik  angket  dan  observasi. Hasil yang di peroleh adalah (1) Ketertarikan peserta didik member petanyaan mendasar terhadap video pembelajaran yang ditampilkan. 2) Peserta didik sangat semangat dan antusias dalam proses observasi dan wawancara untuk pengumpulan data yang akan disajikan dalam diagram batang, garis dan lingkaranLembar LKPD yang mereka selesaikan memperoleh nilai yang memuaskan hal tersebut dapat dilihat dari projek berupa poster tentang penyajian data tunggal yang peserta didik desain dengan menarik. (3) Lembar hasil observasi siswa tentang kegiatan pembelajaran dengan model PjBL dengan indicator penilaian yang sudah ditentukan, hal ini dapat dilihat dari lembar observasi siswa yang sudah terlampir. (4) Lembar hasil observasi kelompok belajar siswa dalam pengerjaan projek, juga dapat terlihat bahwa motivasi siswa tampak dari kesungguhan menyelesaikan projek. (5) Hasil projek peserta didik berupa poster dalam bentuk diagram batang,garis, dan lingkaran.

Full Text:

PDF

References


Atisbudiyani, R. m.(2021). Analisis motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. P-ISSN: 2355-3782,310-319.

Elisabet,S.C.(2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Projek Based Learning. Jurnal of educationaction reseaech, 285-291.

Freddy Prasetyo, D.d. (2023). Idenfifikasi kecemasan matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal pendidikan matematika, 240-253

Risky wahyu ningtyas, f.k. (2021). Meta analisis penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa. Mimbar PGSD Undiksh, 50-55

Hamzah B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurul Hidayah & Fikki Hermansyah “Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume. 3 No. 2

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.

Rahma, IF., Hrp, NA. (2022). The Effect of Project-Based Learning Models Aided by Teaching Materials Through Internet Technology to Improve Analytical and Comprehension Mathematical Concepts Ability. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN: 2548-1819 Vol. 7, No 1, Oktober 2022, pp. 01-08

Nova, S., Yusri, S., Hamdunah. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS). Vol. 9 No. 2 (2023) Hal : 201-208 Doi : https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4980

Lestary, A., Sidabutar, R., Tambunan, LO. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Satrya Budi Karang Rejo. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS). Vol. 8(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3282




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.