Analisis Karakter Entrepreneur Berbasis Matematika Melalui Model Project Based Learning
Abstract
Semakin berkembangnya sektor teknologi, menyebabkan pergeseran sektor kerja masyarakat. Saat ini, sektor kerja formal tidak lagi dapat menjadi satu-satunya yang dapat diandalkan. Sektor informal mulai harus dijadikan alternatif sebagai sektor unggulan untuk membantu pergerakan ekonomi. Menjadi entrepreneur dapat menjadi tujuan untuk membantu menyerap pengangguran serta memperluas lapangan pekerjaan. Semakin dini dapat diterapkan karakter entrepreneur pada masyarakat, maka akan menjadi semakin baik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis karakter entrepreneur mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis proyek khususnya pada aspek matematika. Terdapat 6 (enam) aspek karakter entreprenuer yang dianalisis pada dua kelas mata kuliah Statistika dan Probabilitas. Dari hasil penelitian, terdapat empat aspek karakter entrepreneur berbasis matematika yang memperoleh skor di atas 3,00 yang berarti mahasiswa tergolong memiliki karakter entrepreneur berbasis matematika yang tergolong baik. Sedangkan, dua aspek lainnya memperoleh skor di bawah 3,00 yaitu aspek keorisinilan dan aspek berorientasi ke masa depan. Namun, secara rata-rata diperoleh skor 3,08 sehingga dapat dikatakan bahwa mahasiswa sudah memiliki karakter entrepreneur berbasis matematika melalui model project based learning.
Full Text:
PDFReferences
A. Mutiarasari, “Peran Entrepreneur Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Mengurangi Tingkat Pengangguran,” Dinar J. Prodi Ekon. Syari’ah, vol. 1, no. 2, pp. 51–75, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/download/83/90.
Badan Pusat Statistik, “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2023,” Badan Pus. Stat., vol. 11, no. 84, pp. 1–28, 2023.
A. Rama, G. Ganefri, and A. Yulastri, “Konsep Entrepreneur dalam Dunia Pendidikan,” J. Educ. (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 8, no. 1, pp. 87–92, 2022.
L. R. Masduki and E. Kurniasih, “Penerapan Pembelajaran Entrepreneur Berbasis Matematika,” JIPMat, vol. 4, no. 1, pp. 28–37, 2019, doi: 10.26877/jipmat.v4i1.3663.
KEMENDIKBUD, “Permendikbud 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi,” J. Account. Sci., pp. 1–57, 2020.
N. P. S. E. Darmayanthi, N. K. G. S. Putri, and I. W. Sumandya, “Inovasi, Dedukasi, Edukasi (IDE) Matematika Landasan Dalam Membangun Bisnis,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 11, no. 2, pp. 54–65, 2022.
S. Nurjanah, “Kurikulum Berbasis Entrepreneurship Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Studi Kasus Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahdi Stit Makhdum Ibrahim Tuban),” Al Yasini J. Has. Kaji. dan Penelit. Bid. Keislam. dan Pendidik., no. Vol 4 No 1 (2019): MEI, p. (16-27), 2019, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3522.
S. Haq, “Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Ranah Kewirausahaan,” Cived, vol. 9, no. 2, p. 184, 2022, doi: 10.24036/cived.v9i2.117804.
W. Wahyudi, “Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo),” KadikmA, vol. 13, no. 1, p. 68, 2022, doi: 10.19184/kdma.v13i1.31327.
O. Fazillah and S. Nisa, “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Siswa,” Masaliq, vol. 4, no. 4, pp. 796–807, 2024, doi: 10.58578/masaliq.v4i4.3180.
N. W. Rati, N. Kusmaryatni, and N. Rediani, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Ipa Sd Mahasiswa Pgsd Undiksha Upp Singaraja,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 60–71, 2017, doi: 10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5970
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.