PENGARUH MODEL MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI BILANGAN KELAS II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran mnemonic pada pembelajaran operasi bilangan matematika terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 1 Sukosono. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan desain one grup pre-test post-test yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sukosono dengan sampel anak kelas II yang berjumlah 31 siswa. Uji instrumen penelitian, pelaksanaan pre-test dan post-test, uji prasyarat normalitas linieritas, dan uji hipotesis dilakukan dengan prosedur yang sesuai sehingga data penelitian akurat. Diperoleh hasil penelitian adanya pengaruh terhadap pembelajaran siswa setelah diterapkan model pembelajaran mnemonic dengan meningkatnya hasil belajar dari rata-rata 69,83 menjadi 81,90. Menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model mnemonic berpengaruh efektif dalam pembelajaran matematika materi operasi bilangan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar pada siswa kelas II SD Negeri 1 Sukosono.
References
A. Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022.
H. S. Putro, E. I. Febriandari, and A. Setiawan, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ayo Bisa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Ris. dan Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020.
A. Angga, C. Suryana, I. Nurwahidah, A. H. Hernawan, and P. Prihantini, “Komparasi Penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5877–5889, 2022.
P. Nurkamilah and E. A. Afriansyah, “Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 49–60, 2021, doi: 10.31980/mosharafa.v10i1.818.
U. S. Daimah and Suparni, “SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0,” SEPREN J. Math. Educ. Appl., vol. 4, no. 2, pp. 131–139, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/888/453
R. M. M. Yusuf and D. V. Rahayu, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” Prisma, vol. 12, no. 1, p. 162, 2023, doi: 10.35194/jp.v12i1.2617.
D. A. F. Yuniarti and B. J. M. Putra, “Analysis mathematical communication ability of vocational student in osborn learning based on adversity quotient,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1836, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1836/1/012045.
A. R. Adawiyah and K. Kowiyah, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas IV SD,” Ideas J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 7, no. 3, p. 115, 2021, doi: 10.32884/ideas.v7i3.435.
R. L. Siregar, “Memahami Tentang Model, Strategi, Metode,Pendekatan, Teknik, Dan Taktik,” J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 1, pp. 63–75, 2021.
E. Veronika, A. Setiawan, and W. Nugroho, “Pengaruh Strategi Mnemonic Rhymes and Song Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv,” J. Pendidik. DEWANTARA Media Komunikasi, Kreasi dan Inov. Ilm. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 102–107, 2022, doi: 10.55933/jpd.v8i2.360.
Z. Zaenuri and M. Maemonah, “Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1825–1833, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1038
Z. Trinova and D. Nur Umi Rrahmawati UIN Imam Bonjol Padang, “Proceedings 4 rd UIN Imam Bonjol International Conference on Islamic Education THE USE OF MNEMONIC MODEL AND ITS EFFECT ON STUDENTS’ MEMORY.”
N. N. I. Febriana and N. Alimuddin, “Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Sekolah Dasar dengan Metode Mnemonic,” J. Teknol. dan Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 31–36, 2024.
H. Belajar, I. P. A. Pada, S. Kelas, I. V Sdn, and S. Balau, “Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI”.
A. Visia Eka Putri and W. Sutriyani, “Peran Media Interaktif Pada Materi Matematika Sd Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” Hal. 36 Cart. J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 36–45, 2022.
D. Ananda and W. Sutriyani, “Efektifitas Penggunaan Media Flash Card Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas lll,” J. Pembelajaran Dan Mat. Sigma, vol. 9, no. 2, pp. 193–200, 2023, doi: 10.36987/jpms.v9i2.5021.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.