PENERAPAN PENDEKATAN PMRI MEDIA TIMBANGAN SEDERHANA TIDAK BAKU DALAM PEMAHAMAN KONSEP MENGUKUR BERAT BENDA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS III SDN KEDUNGMUTIH 1

Nala 'Ariikah, Woro Prastika, Eka Zuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan menggunakan media timbangan sederhana tidak baku berupa "Gantungan Baju" sebagai alat bantu pembelajaran. Pembelajaran matematika di sekolah dasar memiliki peran signifikan dalam membangun pemahaman dasar peserta didik terhadap konsep-konsep matematika yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi di SDN Kedungmutih 1, pembelajaran matematika cenderung kurang bermakna, ditandai dengan pendekatan pengajaran yang lebih menekankan penghafalan rumus daripada penerapan konsep dalam konteks nyata. Akibatnya, peserta didik mengalami kesulitan memahami materi, khususnya pada konsep pengukuran berat benda. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis pemahaman peserta didik terhadap konsep berat benda. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media "Gantungan Baju" dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep berat benda secara signifikan. Pendekatan ini juga membuat pembelajaran lebih menarik, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Dengan media sederhana ini, peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan motorik, verbal, dan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan media konkret dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan efektif, sehingga mendukung pencapaian hasil belajar optimal.


References


Affiifi. Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, “Pengukuran Tidak Baku,” Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, pp. 9–30, 2014.

Agustina, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas III di MI Najahiyah …. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12741

Anggraeni Ervita Varadila, Fida Chasanatun, & Sugiharti, S. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Konsep Pengukuran Berat Benda. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 409–416. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1001

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fazriansyah, M. F. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 275–283.

Indrawati, N. P. V., Rasyad, A., & Mudiono, A. (2021). Media Pembelajaran Smart Egg dalam Mengenalkan Sains Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Kharisma, A. I. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca Terbang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 16-23.

Kusuma, A. S., Santi, A. U. P., & Taznim, T. (2024). Penerapan Timbangan Sederhana Tidak Baku Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mengukur Berat Benda Peserta didik Kelas I MI Muhammadiyah Semanu. SEMNASFIP.

M. Rismawati and R. Erni, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III Menggunakan Alat Peraga Dekak-Dekak,” J-PiMat, vol. 3, no. 2, pp. 367–376, 2021.

Maisyaroh, M. (2019). Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual pada materi makanan halal dan haram dalam Islam di kelas VIII MTsN 4 Tapanuli Selatan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Nugroho, M., & Bayu, F. (2020). TA: Pengembangan Desain Furnitur Gantungan Baju dengan Menggunakan Magnet sebagai Material Pendukung agar Tercapainya Fleksibelitas dan Kemudahan dalam Penggunaannya (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Rahmawati, T. W., Santi, A. U. P., & Taznim, T. (2024). Implementasi Alat Peraga Gantungan pada Materi Pengukuran Berat Benda Tidak Baku Kelas 1 MI Muhammadiyah Semanu. SEMNASFIP.

Rahmawati, Y. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD.

Resqueta, M. C., & Mutianingsih, N. (2022). Implementasi Alat Peraga Abang Oleng Pada Pembelajaran Pengukuran Berat Tidak Baku di Jenjang Sekolah Dasar. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 129–135. https://doi.org/10.32665/james.v5i2.513

Resqueta, M.C. and Mutianingsih, N., 2022. Implementasi Alat Peraga Abang Oleng Pada Pembelajaran Pengukuran Berat Tidak Baku di Jenjang Sekolah Dasar. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), pp.129-135.

Rohman, N., & Firdhausyah, A. A. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Materi Pengukuran Berat Benda. JEMI, 1(2), 108-115.

S. Nursinah, I. Magdalena, and Sa’odah, “Implementasi Penggunaan Alat Peraga Karton Berpetak Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SDN Bojongrenged,” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 5, no. 2, pp. 1–3, 2020.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.5

SUHAEBAH, S., 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Pengukuran Berat dengan Media Timbangan. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(01).

Varadila, A. E., Chasanatun, F., & Sugiharti, S. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Konsep Pengukuran Berat Benda. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 409-416.

Varadila, A.E., Chasanatun, F. and Sugiharti, S., 2023. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Konsep Pengukuran Berat Benda. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), pp.409-416

Wulandari, C. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IC SDN Rangkah VI Surabaya Materi Pengukuran Berat dengan Media Benda Konkret (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.6584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.