PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Dian Widya Sari, Hevy Risqi Maharani

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah model PBL berbantuan google sites dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3. Penelitian ini menggunakan pre-experimen design dengan one grup pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilihlah kelas X.2 sebagai sampel penelitian. Instumen penelitian adalah pretest dan posttest yang masing-masing terdiri empat soal uraian sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Analisis data menggunakan uji-t dan uji paired t-test dengan persyaratan uji normalitas. Hasil uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal. Hasil uji-t didapat 0,000 < 0,05 maka  ditolak. Artinya, nilai rata-rata KKTP kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model PBL berbantuan google sites lebih dari 70. Hasil uji paired sample statistic didapat nilai rata-rata pretest sebesar 25,88 dan rata-rata posttest sebesar 80,65 kemudian dilakukan uji paired sample test didapat nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya < 0,05 maka   ditolak.  Artinya, ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan google sites. Hasil penelitian menyatakan ada pengaruh setelah penerapan model PBL berbantuan google sites terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.


References


Mimbarwati, Mulyono, and T. Suminar, ‘Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom’, Journal on Education, vol. 05, no. 02, pp. 4102–4109, 2023.

E. Yayuk, P. Purwanto, A. R. As’ari, and S. Subanji, ‘Primary School Students’ Creative Thinking Skills in Mathematics Problem Solving’, European Journal of Educational Research, vol. 9, no. 3, pp. 1281–1295, Jul. 2020, doi: 10.12973/eu-jer.9.3.1281.

D. Gustiani and A. Warmi, ‘Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 1887–1895, Aug. 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i3.1475.

M. Ningrum and E. Puadi, ‘Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK’, Indo-MathEdu Intellectuals Journal, vol. 4, no. 3, pp. 1568–1575, Nov. 2023, doi: 10.54373/imeij.v4i3.184.

O. P. Salehha and Nurhayati, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa’, Musamus Jurnal of Mathematics Education, no. 2, pp. 48–56, Jul. 2021, [Online]. Available: http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics

M. Ningrum and E. Puadi, ‘Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK’, Indo-MathEdu Intellectuals Journal, vol. 4, no. 3, pp. 1568–1575, Nov. 2023, doi: 10.54373/imeij.v4i3.184.

M. Q. A. B. Zohiro, N. M. N. Suryanti, A. Wahidah, I. Malik, and A. Haris, ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Kuartet Mata Pelajaran Sosiologi’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 1193–1198, May 2024, doi: 10.29303/jipp.v9i2.2186.

H. R. Maharani, N. Ubaidah, M. A. Basir, D. Wijayanti, I. Kusmaryono, and M. Aminudin, ‘Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 3, pp. 760–768, Jun. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i3.10084.

M. Toyib, N. Faiziyah, and I. Yuliana, ‘PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MGMP GURU MATEMATIKA KABUPATEN SUKOHARJO DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERMUATAN ETHNOMATHEMATICS BERBASIS GOOGLE SITES’, JURNAL TERAPAN ABDIMAS, vol. 9, no. 2, pp. 174–181, Jul. 2024.

M. Aminudin, M. A. Basir, D. Wijayanti, H. R. Maharani, I. Kusmaryono, and B. A. Saputro, ‘Pelatihan Penggunaan Geogebra Classroom untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika’, Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 4, no. 2, pp. 417–428, Jan. 2021, doi: 10.29407/ja.v4i2.15353.

F. Esrawaty Butar Butar, R. Sidabutar, and G. Novatrasio Sauduran, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika’, Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 2809–476, 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i2.1796.

M. Ningrum and E. Puadi, ‘Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK’, Indo-MathEdu Intellectuals Journal, vol. 4, no. 3, pp. 1568–1575, Nov. 2023, doi: 10.54373/imeij.v4i3.184.

N. Mahmudah Noor, M. Aminudin, and H. Risqi Maharani, ‘PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KLINOMETER MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI’, Jurnal Pendidikan Sultan Agung, vol. 3, no. 3, pp. 221–227, Oct. 2023.

S. Rézio, M. P. Andrade, and M. F. Teodoro, ‘Problem-Based Learning and Applied Mathematics’, Mathematics, vol. 10, no. 16, Aug. 2022, doi: 10.3390/math10162862.

E. Mahendrawan, I. Solihat, and M. Yanuarti, ‘Efektivitas Penggunaan LKS Problem Based Learning (PBL) Materi Aritmatika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 338–347, Jan. 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i1.1119.

M. Arifin, B. Zaura, and Syahjuzar, ‘PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA’, Jurnal Peluang, vol. 8, no. 2, pp. 11–16, Dec. 2020, doi: 10.24815/jp.v8i2.18739.

Toheri, W. Winarso, and A. A. Haqq, ‘Where exactly for enhance critical and creative thinking: The use of problem posing or contextual learning’, European Journal of Educational Research, vol. 9, no. 2, pp. 877–887, Apr. 2020, doi: 10.12973/eu-jer.9.2.877.

A. Rossy Salasa and C. Hasanudin, ‘Pemanfaatan Google Site sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web’, Bojonegoro, Jun. 2023. Accessed: Jan. 31, 2025. [Online]. Available: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1841




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.