PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI STUDYO MATHS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH SD N 2 NGABUL

Muhammad Ali Irkham, Wulan Sutriyani

Abstract


Penelitian ini mengkaji bagaimana siswa kelas tiga di SDN 2 Ngabul Jepara menggunakan aplikasi Studyo Maths untuk meningkatkan hasil belajar matematika mereka, khususnya di bidang bilangan bulat, yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Penelitian ini membahas rendahnya prestasi matematika di kalangan siswa, yang terkait dengan kurangnya penggunaan sumber belajar yang menarik. Dengan sampel sebanyak 33 siswa, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest satu kelompok. Tes pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data, dan SPSS 25.0 digunakan untuk analisis. Nilai tes rata-rata meningkat dari pretest ke posttest, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan program Studyo Maths. Motivasi, keterlibatan, dan pengetahuan konseptual siswa tentang matematika semuanya ditingkatkan oleh aplikasi, yang menggabungkan elemen interaktif dan kegiatan pendidikan. Menurut temuan penelitian, Studyo Maths dapat menjadi pengganti yang kreatif untuk metode pengajaran sekolah dasar tradisional dan meningkatkan hasil belajar dalam matematika.

Full Text:

PDF

References


Al-Sayed, D. K. M., Bahnasy Maree, H. A., Abdel Latif, ager S. M., Muhammad, I. M. M., Mohsab Mahmoud, I. M., Mobarak, M. M. S., Seif, T. M. A., & Ouaf, M. E. M. (2024). Difficulties in Learning Mathematics Among Primary School Pupils. https://doi.org/10.21608/aash.2024.368787

Astuti, Y. D., Nurdiana, N., & Bahari, Y. (2024). Integration of Calculator.oi Application in Improving Mathematics Learning Outcomes of Students in Elementary Schools. International Journal of Education and Social Science (IJESS), 5(2), 195–201. https://doi.org/10.56371/ijess.v5i2.316

Chao, W.-H., Yang, C.-Y., & Chang, R.-C. (2018). A Study of the Interactive Mathematics Mobile Application Development. 248–249. https://doi.org/10.1109/ICKII.2018.8569126

Fatah, M. A., Fahiduzzaka, M. F., SHENA, M. I., Ramadhan, M. R., Sakti, Mz. B., & Malikah, N. (2024). Implementasi Interaksi Kolektif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Dewantara, 3(3), 332–343. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2889

Febriansyah, M. R., & Nomi, A. S. (2024). Good Practices Pemanfaatan Media Internet dan Media Sosial dalam Pembelajaran. Religion, Education, and Social Laa Roiba Journal (RESLAJ), 6(11). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i11.4083

Gnawali, Y. P. (2023). Learning Difficulties of Mathematics at Primary Level. Pragyaratna, 5(1), 206–215. https://doi.org/10.3126/pragyaratna.v5i1.59289

Hasan, N., Daud, F., & Rachmawaty, R. (2024). Hubungan Kemandirian, Sikap, dan Motivasi dengan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA. Bioscientist, 12(1), 1422. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11228

Novesteras, A. M. (2024). Assessment of Behavioral Intention to Adopt Educational Mobile Application in Advanced Mathematics for Engineering Education. 2(8). https://doi.org/10.69569/jip.2024.0262

Nugroho, B. W., Pramudya, I., & Subanti, S. (2021). Mastery of Basic Mathematics Facts in Slow Learner Children. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 80–85. https://doi.org/10.18415/IJMMU.V8I8.2828

Seyidova, Ş. İ. qızı. (2024). The role of computer technology in increasing the learning motivation of primary class students. Deleted Journal, 91(5), 69–73. https://doi.org/10.69682/arti.2024.91(5).69-73

Sutriyani, Wulan & Febrianingrum, L. (2022). Peran Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 277-284.

Silfiani, S. (2019). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Scribe Berbasis Embedded Test terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 17 Bone Kabupaten Bone. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Widiyono, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group Terhadap Hasil Belajar IPA SD di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Vol.5, No.1. http://proceedings2.upi.edu/index.php /semnaspendas/article/view/1128

Widodo, Y., Anas, M., & Muchson, M. (2024). Improving the quality of learning through learning media development. 165–173. https://doi.org/10.59971/necent.v2i2.46




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.