PENGARUH PENERAPAN MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) BERBANTU MEDIA FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Meneliti dampak penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) berbantu media Flipbook terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di SDN 5 Suwawal merupakan tujuan utama penelitian ini. Siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung dan kebanyakan peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif, dan menggunakan desain pra-eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Giving Question and Getting Answer (GQGA) berbantu media Flipbook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dengan hasil yang menunjukkan rata-rata 57,80 sebelum ujian dan 80,72 setelah ujian. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pretest dan posttest.
Full Text:
PDFReferences
Djou, S. N., Nuriyah, & Aiman, U. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN Nunbaun Sabu Kupang. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 374–384
Azis, A., Zali, M., Indriani, F., & Lubis, M. (2023). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education, 4(1), 96–108. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.379
Nur Wahyuningsih Ramadhani, Herianto, E., Fauzan, A., & Zubair, M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 16 MATARAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3968–3977. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-Lkpd dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Simamora, M. Y., Calam, A., & Harahap, A. Y. A. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 250–258. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/index
Aisyah, A., & Wanhar, F. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV di MIS Insan Cendikia. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 236–249. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/index
Afdal, Subakti, H., & Sigalingging, F. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(3), 253–262. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i3.71
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmila, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/71
Wadji, M., & Firdiani, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Sirkulasi Darah pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Makassar. Saintifik, 7(2), 226–231. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb%0APengaruh
Febriyanti, I., Arjudin, & Jaelani, A. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2764
Ramadhani, N. W., Herianto, E., Fauzan, A., & Zubair, M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 16 MATARAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3968–3977. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Atikah, N., Gistituati, N., Syarifusin, H., & Al, E. (2022). E-Module Mathematics by Using Kvisoft Flipbook in Elementary School. AIP Conference Proceedings, December. https://doi.org/10.1063/5.0102433
Sumrani, Nursalam, & Suardi. (2024). Pengaruh Model pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Study Islam Dan Humanirora, 4(2), 722–736. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10208
Fanani, N. A., Alfiansyah, I., & Subayani, N. W. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD AL - ISLAM MOROWUDI 1Natasya. Sindoro Cendekia Pendidikan, 4(4), 21–23.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:

JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.