PENGARUH PENERAPAN MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) BERBANTU MEDIA FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Fitriani Khoirunnisa, Wulan Sutriyani

Abstract


Meneliti dampak penggunaan paradigma pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan penggunaan media Flipbook terhadap pengetahuan matematika siswa kelas enam di SDN 5 Suwawal merupakan tujuan utama penelitian ini. Kurangnya keterlibatan siswa dan fakta bahwa mayoritas dari mereka kesulitan dengan matematika merupakan kekuatan pendorong untuk penelitian ini. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif, dan menggunakan desain pra-eksperimental yang dikenal sebagai One Group Pretest-Pasttest. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan memasukkan materi Flipbook ke dalam pendekatan Giving Question and Getting Answer (GQGA), siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik. Hasil yang menunjukkan rata-rata 57,80 sebelum ujian dan 80,72 setelah ujian memberikan bukti ini. Karena nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 kurang dari 0,05, maka dapat menolak Ho dan menerima Ha. Maka, hasil pretest dan posttest berbeda secara signifikan.


Full Text:

PDF

References


Djou, S. N., Nuriyah, & Aiman, U. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN Nunbaun Sabu Kupang. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 374–384

Azis, A., Zali, M., Indriani, F., & Lubis, M. (2023). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education, 4(1), 96–108. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.379

Nur Wahyuningsih Ramadhani, Herianto, E., Fauzan, A., & Zubair, M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 16 MATARAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3968–3977. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-Lkpd dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Simamora, M. Y., Calam, A., & Harahap, A. Y. A. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 250–258. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/index

Aisyah, A., & Wanhar, F. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV di MIS Insan Cendikia. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 236–249. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/index

Afdal, Subakti, H., & Sigalingging, F. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(3), 253–262. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i3.71

Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmila, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/71

Wadji, M., & Firdiani, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Sirkulasi Darah pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Makassar. Saintifik, 7(2), 226–231. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb%0APengaruh

Febriyanti, I., Arjudin, & Jaelani, A. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2764

Ramadhani, N. W., Herianto, E., Fauzan, A., & Zubair, M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 16 MATARAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3968–3977. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Atikah, N., Gistituati, N., Syarifusin, H., & Al, E. (2022). E-Module Mathematics by Using Kvisoft Flipbook in Elementary School. AIP Conference Proceedings, December. https://doi.org/10.1063/5.0102433

Sumrani, Nursalam, & Suardi. (2024). Pengaruh Model pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Study Islam Dan Humanirora, 4(2), 722–736. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10208

Fanani, N. A., Alfiansyah, I., & Subayani, N. W. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD AL - ISLAM MOROWUDI 1Natasya. Sindoro Cendekia Pendidikan, 4(4), 21–23.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.