DESAIN MODUL KESEBANGUNAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ETNOMATEMATIKA RUMAH OSING BANYUWANGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA
Abstract
Modul ini dirancang untuk meningkatkan literasi numerasi siswa pada materi kesebangunan dengan mengintegrasikan konsep etnomatematika dari budaya lokal Rumah Osing di Kabupaten Banyuwangi. Pendekatan Problem-Based Learning dipilih sebagai model pembelajaran karena dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah secara kontekstual. Modul ini juga bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran matematika sehingga siswa dapat lebih memahami hubungan antara matematika dengan budaya sekitar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development dengan model ADDIE. Namun penelitian ini baru sampai pada tahap ketiga yaitu Development[U1] . Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gambiran, dan pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi produk oleh ahli materi dan ahli media, serta angket respon guru dan siswa untuk menilai praktikalitas. Nilai validasi dari ahli materi dan ahli media masing-masing sebesar 4,65 dan 4,5 (kategori sangat valid), sedangkan nilai praktikalitas dari respon guru dan siswa sebesar 4,37 (kategori praktis). Dengan demikian, modul ini layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam meningkatkan literasi numerasi siswa melalui penggabungan konteks budaya setempat dan pendekatan pembelajaran berbasis masalah.
References
Basir, M. A., & Aminudin, M. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika berbasis Investigasi untuk Meningkatkan Penalaran Aljabar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 53.
https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1016
Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2016). Pengembangan Media Cd Interaktif Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1), 32–35.
https://doi.org/10.24176/re.v7i1.1809
Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 10(1), 88–98.
https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740
Wiranti, D. A., Sutriyani, W., Maziyah, H. N. U. R., Ayu, D., Aprilia, S., Adistiya, E. S. A., Mahdum, F., & Muhaimin, M. U. H. (2024). Pengembangan Media Langgar Berbasis Etnomatematika Bersumber Kebudayaan Lokal Jepara Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Sd N 4 Krapyak. URNAL Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS)10(2), 221–225.
https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6137
Putri, R. W. B., Setiana, H., & Savitri, E. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 20 Semarang. Seminar Nasional IPA, 157–164.
Fatmawati, N. F., Rohmah, S. F., Yaqin, M. F., & Amaliyah, F (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JMPS)119–124.
https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5925
Safithri, R., & Saputri, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Materi SPLDV Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 07(1), 784–795.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1827
Dari, S. W. (2024). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Seinkesjar: Seminar Nasional Sains, Kesehatan, dan Pembelajaran 269–278.
https://doi.org/10.29407/wv109q65
Setiani, D., Rahmawati, E., Lya, S., & Pramesti, D. (2023). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Er Society 5.0. SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA "Integrasi ETHNO-STEM and Technological Pedagogic Content Knowledge"451–461.
Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(3), 408–419.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303
Ariyanto, Y., Saphira, H., Santoso, J., Tandiary, A. J., & Kuma, K. (2024). Pengalaman Sense of Smell pada Arsitektur Rumah Adat Suku Osing Pendahuluan adalah wujud warisan budaya yang identik dari sebuah daerah yang adalah bagaimana pengalaman s ense of smell yang terbentuk melalui pengaruh elemen arsitektur nusantara dari rumah. ATRIUM: Jurnal Arsitektur10(1), 29–37.
https://doi.org/10.21460/atrium.v10i1.248
Noor, I. K. M., et al (2021). Konsep Arsitektur Rumah Adat Suku Osing di Desa Kemiren, Banyuwnagi. Ruang: Jurnal Lingkungan Binaan (Space: Journal Of The Built Environment).
https://doi.org/10.24843/JRS.2021.v08.i02.p02.
Risla, N., Sudikno, A., & Asikin, D. (2025). Konfigurasi Bangunan Hunian Rumah Adat Desa Wisata Osing, Banyuwangi. Pawon: Jurnal Arsitektur IX, 35–50.
https://doi.org/10.36040/pawon.v9i01.10057
Ernia, N., & Mahmudah, W. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem-Based Learning Untuk Melatih Literasi Numerasi Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 61–70.
https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1612
Wahyuni, D., Septiati, E., & Octaria, D. (2024). Pengaruh Model PBL ( Problem Based Learning ) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP Melalui Soal Cerita. Jurnal Cendekia: Pendidikan Matematika 08, 1579–1589.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2721
Wardani, M. E., & Purwati, P. D. (2025). Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Papan Bilangan Wonderful Semarang Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. 07(02), Journal on Education 9865–9870.
https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.7979
Sinaga, M. E., & Simanjorang, M. M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMA Negeri 1 Parmaksian Yang Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS)10(2), 178–186.
https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6019
Ratnasari, J. R., & setiawan, Y.E. (2023). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Segiempat dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(3), 2533–2544.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5714
Sari, N., Emidar, & Arief, E. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Pengumuman dengan Keterampilan Menulis Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(7), 50–54.
https://doi.org/10.24036/9541-019883
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331.
https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230.
https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Arofah, R., & Cahyadi, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL 3(1), 35–43.
https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:

JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.