EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Tiyas Andriani Anjas Desmi, Wulan Sutriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 1 Kecapi. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan jenis penelitian one group pretest-posttest. Pretest untuk mengukur tanpa perlakuan sedangkan posttest untuk mengukur setelah perlakuan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik tes berupa pretest dan posttest. Teknis analisis data dalam uji ini menggunakan paired sample t-test dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana untuk sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.7853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.