ANALISIS HAMBATAN GURU DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UPTD SMP NEGERI 1 ULU MORO'O
Abstract
Model Problem Based Learning merupakan pendekatan inovatif yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa namun dalam praktiknya, banyak guru mengalami hambatan dalam penerapan model ini, khususnya pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam menerapkan model Problem Based Learning, menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya, serta mengidentifikasi strategi yang digunakan guru untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah tiga orang guru Matematika di UPTD SMP Negeri 1 Ulu Moro’o yang dipilih dengan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara yang dikembangkan berdasarkan indikator penerapan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan utama dalam penerapan model Problem Based Learning meliputi: (1) kesulitan dalam merancang masalah kontekstual dan langkah pembelajaran, (2) keterbatasan waktu pelaksanaan, (3) rendahnya pemahaman guru terhadap tahapan Problem Based Learning, (4) keterbatasan perangkat ajar dan pelatihan profesional, serta (5) rendahnya kemandirian dan partisipasi aktif siswa. Guru berupaya mengatasi hambatan tersebut melalui adaptasi strategi pembelajaran, kolaborasi dengan sesama guru, dan pendekatan campuran antara Problem Based Learning dan metode konvensional. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas guru melalui pelatihan Problem Based Learning serta dukungan kebijakan sekolah dalam penyediaan sarana pembelajaran yang memadai.
References
Apriliani, M., Putri, S. A., & Unzzila, U. (2024). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.493
Amdani, D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar peserta didik: Studi literatur. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4126–4131. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2145
Sukarni. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam kajian pengembangan kurikulum pendidikan dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 178–191. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.315
Rifai, A. (2020). Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3), 2139–2144.https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/57081?utm_source=chatgpt.com
Fitriani, D., & Hidayat, T. (2023). Model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 34–42. https://doi.org/10.17977/jpp.v14i1.43567
Asokawati, S., Asrial, A., & Hamidah, A. (2023). Pengaruh pbl terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan. Biodik, 9(3), 1-6. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.23400
Dewi, W., Siregar, R., Putra, A., & Hidayati, H. (2023). Effect of problem-based learning model on students' physics problem solving ability: a meta-analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(4), 2103-2109. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3291
As Sa’idah, M. M., Dedih, U., & Maslani, M. (2022). Effectiveness of contextual learning models, Problem Based Learning, and learning outcomes. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 10 (2), 125–136. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jipai/article/view/18786
Ginting, D., Suprayetno, E., Marpaung, F., & Hasan, M. (2024). Pelatihan implementasi model pembelajaran problem based-learning bagi guru smp swasta mulia hamparan perak. Jurnal Abdimas Maduma, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.52622/jam.v3i1.224
Mulyadi, A., & Ratnaningsih, D. (2022). Kendala guru dalam penerapan Problem-Based Learning di SMA Negeri 3 Banjar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 45–53. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/download/7023/4584
Dalila, A. A., Rahmah, S., Liliawati, W., & Kaniawati, I. (2022). The Effect of Differentiated Learning in Problem Based Learning on Cognitive Learning Outcomes of High School Students . Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1820–1826. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1839
Jamaludin, K. (2025). Implementations of Project Based Learning in Primary Schools. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. https://doi.org/10.6007/ijarped/v14-i1/24282
Hartati, R., & Nurjannah, N. (2022). Tantangan Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9335–9344. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3705
Prayoga, A. M., Purnawan, & Sagiman. (2023). Analisis penerapan metode Problem Based Learning pada pembelajaran praktikum chassis siswa kelas X TBSM SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Ahmad Dahlan. https://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/14985?utm_source
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:


JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.















