PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 2 UMBUNASI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal di SMP Negeri 2 Umbunasi yang menunjukkan keterbatasan bahan ajar, rendahnya keterampilan berpikir matematis siswa, serta self efficacy yang cukup rendah. Siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal yang berbeda dari contoh guru, sementara sumber belajar yang tersedia terbatas. Sebagai solusi, dikembangkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang sederhana dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa kelas VIII. Penelitian menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan adalah modul ajar matematika yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan kurikulum. Validitas modul diuji oleh ahli, kepraktisan dinilai melalui respon guru dan siswa, dan keefektifan diukur dari peningkatan hasil tes keterampilan berpikir kritis serta angket self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan modul pembelajaran yang dikembangkan valid dari segi materi, bahasa, dan desain. Modul juga sangat praktis digunakan, dengan persentase kepraktisan 96% bagi siswa dan 98% bagi guru. Modul terbukti efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis siswa, dengan rata-rata nilai 81,09% (sangat baik) dan ketuntasan klasikal 90% (sangat efektif), serta meningkatkan self-efficacy siswa dengan rata-rata 80,63% (sangat tinggi). Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi tujuan penelitian dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Kero, M. A., & Wewe, M. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Secara Kontekstual untuk Mengaktifkan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 137-147. https://ejournal.papanda.org/index.php/jp
Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia
Kie, J., Waliyanti, I. K., & Sari, D. P. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(1), 74-82. https://doi.org/10.33387/jpgm.v3i1
Nainggolan, D. O., Febriana, I., Tambunan, C. P., & Lubis, R. H. A. (2024). Pengaruh Peran Bahasa Indonesia Dalam Konteks Soal Cerita Matematika. Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(4), 70-79. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.909
Asmin, M., Sahabuddin, E. S., Makkasau, A. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Literasi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Of Art. Universitas Negeri Makassar.
Siahaan, S. (2019). Bagaimana Memudahkan Peserta Didik Mempelajari Modul? Jurnal Teknodik, 089–118. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.549
Khoiriah, S., Jakak, P. M., & Effendi. (2024). Analisis efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) dan project based learning (PBL) terhadap keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 02 Madang Suku II. Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi, 1(2), 17-24. https://doi.org/10.30599/binary.v1i2.943
Praneswari, P. M., & Amidi, (2024, February). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Matematika pada Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika (119-128). https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu Vol, 6(3). 3585- 3593 https://jbasic.org/index.php/basicedu
Kusumawardani, N. N., Rusijono, R., & Dewi, U. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).1416-1427. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Safitri, A. D., & Sari, R. M. M. (2024). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smk. Jp2m (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 8-16.
Antara, I. D. G. J., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Tinjauan Pustaka Sistematis: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 198-204. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.801
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135-147. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Ghani, N. A. A., Pertiwi, C. M., & Fitriani, N. (2022). Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Self efficacy . Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1189-1196. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10994
Umaroh, S. et al. (2020). Pengaruh self efficacy dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Wilangan, 1(1), 1-15. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/7971
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:


JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.















