PENINGKATAN PEMAHAMAN BANGUN RUANG SISWA SMP MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN COMIC-LKPD BERBASIS MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN ICEBERG

Nikmatus Safitri, Rizqona Maharani

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah menengah yang kurang kontekstual menyebabkan beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, termasuk konsep bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Comic-LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Iceberg untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kualitas media diuji berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas IX MTs yang dipilih secara cluster random sampling. Uji kevalidan menggunakan indeks V-Aiken, kepraktisan dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dan keefektifan diuji dengan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Comic-LKPD valid, sangat praktis, dan efektif meningkatkan pemahaman konsep, ditunjukkan oleh p-value < 0,05 dan N-Gain kategori sedang. Media ini mampu menciptakan pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan menyenangkan. Dengan demikian, Comic-LKPD berbasis RME dengan pendekatan Iceberg valid, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengembangkan media serupa pada materi matematika lainnya atau dalam bentuk digital interaktif guna memperluas penerapannya.


Full Text:

PDF

References


N. Yulianasari, L. Salsabila, N. Maulidina, and L. H. Maula, “Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari,” SANTIKA Semin. Nas. Tadris Mat., vol. 3, pp. 462–472, 2023.

M. Salahuddin and S. Syahrir, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami Masalah Matematika Materi Fungsi,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 6, no. 1, pp. 162–167, 2020, doi: 10.58258/jime.v6i1.1122.

N. F. Murni Chintia1, Risma Amelia2, “ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR,” vol. 4, no. 3, pp. 579–586, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v4i3.579-586.

I. SUCIATI, HAJERINA, D. S. WAHYUNI, W. H. MAILILI, and N. SARTIKA, MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (TEORI DAN APLIKASI PADA MATEMATIKA SEKOLAH DASAR), no. May. 2022.

Y. D. W. K. Ningtyas, Media Pembelajaran Matematika: Dilengkapi Contoh Alat Peraga Manipulatif untuk Tingkat SMP dan SMA, no. March 2019. 2019. [Online]. Available: http://repository.unmuhjember.ac.id/12132/1/Cover_Buku_Ajar_Yoga Dwi.pdf

W. Jala, “Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas IVSD Inp.Maulafa,” J. Pendidik. Refleks., vol. 13, no. 1, pp. 149–162, 2024, [Online]. Available: https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/332/316

E. N. Subroto, A. Qohar, and D. Dwiyana, “Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 5, no. 2, p. 135, 2020, doi: 10.17977/jptpp.v5i2.13156.

I. W. Widana, “Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia,” J. Elem., vol. 7, no. 2, pp. 450–462, 2021, doi: 10.29408/jel.v7i2.3744.

Saminanto, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION Dengan Media Magic Math Cube bagi Siswa SMP. 2021.

Marini, A. R. As’ari, and T. D. Chandra, “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ),” J. Pendidik. Teor. Penelit. dan Pengemb., vol. 2, no. 4, pp. 470–477, 2017, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8755/4211

N. B. Hasanah and M. D. Kurniasih, “Analisis Pendekatan Iceberg Melalui Video Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Numerasi [Analysis of Iceberg’s Approach Through Learning Videos to Support Numerical Ability],” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6175–6181, 2022.

E. Mulyatiningsih, “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang,” Islam. Educ. J., p. 35,110,114,120,121, 2015.

Sugiyono, METODE PENELITIAN KUNTITATIF, KUALITATIF DAN R&D, 27th ed. Bandung: ALFABETA, cv, 2020.

M. A. Abdul Wahab, Junaedi, “Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1039–1045, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nuryadi, T. D. Astuti, E. S. Utami, and M. Budiantara, Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian, Pertama. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA, 2017.

R. E Walpole and R. H Myres, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, 4th ed. Bandung: ITB, 1995.

S. Apriliani, Sayidiman, and A. D. R. Tati, “Penerapan Model Realistic Mathematic Education ( RME ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No . 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene,” Pinisi J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2022.

S. Sugiman, “Peningkatan pembelajaran matematika dengan menggunakanPeningkatan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik.,” 2011. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/2011_PPM_Iceberg_0.pdf

Z. I. Aditya Wardhana, Uji Validitas dan Reliabilitas pada Data Penelitian Kuantitatif, Pertama., no. Juni. P{urbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA, 2024. [Online]. Available: https://exsight.id/blog/2022/04/18/uji-validitas-realibilitas-di-kuisioner/

F. Faradisa, U. Riau, S. Suarman, U. Riau, G. Gusnardi, and U. Riau, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbantu Situs Liveworksheets untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, no. January. 2023.

W. A. Mujawal, A. Bani, and K. La Nani, “Penggunaan media komik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV,” J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 1–14, 2018.

A. K. Dewi and A. M. Surur, “Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun,” J. Literasi Digit., vol. 1, no. 3, pp. 174–179, 2021, doi: 10.54065/jld.1.3.2021.67.

N. R. Sari and A. Mutaqin, “Pengembangan Media Komik Berbasis RME (Realistic Mathematics Education) Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP,” Wilan. J. Inov. dan Ris. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 4, pp. 292–301, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/21904/11667

A. M. Retta, “Penggunaan Iceberg Dalam Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI),” Pros. Semin. Nas. Pendidik. FKIP Univ. Muhammadiyah Palembang, vol. 1, no. 1, pp. 72–80, 2016.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.