Peningkatan Pemahaman Bangun Ruang Siswa SMP Melalui Media Pembelajaran Comic-Lkpd Berbasis Model Rme Dengan Pendekatan Iceberg

Nikmatus Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Comic-LKPD berbasis model Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Iceberg pada materi bangun ruang. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada tahap analisis, dilakukan observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran. Media dikembangkan dengan memuat cerita kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan disusun berdasarkan tahapan model RME dan pendekatan Iceberg. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan dengan hasil kelayakan sebesar 77,33%. Media Comic-LKPD kemudian diimplementasikan pada 25 siswa kelas VIII MTs Manba’ul Ilmin Nafi’ Gunungmulyo Sarang Rembang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55% dan posttest sebesar 87,60%. Uji statistik menggunakan paired sample t-test menunjukkan p-value < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media terhadap peningkatan hasil belajar. Analisis efektivitas menggunakan N-Gain menghasilkan rata-rata 0,7511 yang termasuk kategori tinggi. Kepraktisan media berdasarkan angket respon guru dan siswa juga menunjukkan bahwa media tergolong sangat praktis. Dengan demikian, media Comic-LKPD berbasis model RME dengan pendekatan Iceberg terbukti efektif dan praktis dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. Media ini memberikan pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan menyenangkan bagi siswa.

 


References


N. Yulianasari, L. Salsabila, N. Maulidina, and L. H. Maula, “Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari,” SANTIKA Semin. Nas. Tadris Mat., vol. 3, pp. 462–472, 2023.

M. Salahuddin and S. Syahrir, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami Masalah Matematika Materi Fungsi,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 6, no. 1, pp. 162–167, 2020, doi: 10.58258/jime.v6i1.1122.

N. F. Murni Chintia1, Risma Amelia2, “ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR,” vol. 4, no. 3, pp. 579–586, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v4i3.579-586.

I. SUCIATI, HAJERINA, D. S. WAHYUNI, W. H. MAILILI, and N. SARTIKA, MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (TEORI DAN APLIKASI PADA MATEMATIKA SEKOLAH DASAR), no. May. 2022.

Y. D. W. K. Ningtyas, Media Pembelajaran Matematika: Dilengkapi Contoh Alat Peraga Manipulatif untuk Tingkat SMP dan SMA, no. March 2019. 2019. [Online]. Available: http://repository.unmuhjember.ac.id/12132/1/Cover_Buku_Ajar_Yoga Dwi.pdf

W. Jala, “Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas IVSD Inp.Maulafa,” J. Pendidik. Refleks., vol. 13, no. 1, pp. 149–162, 2024, [Online]. Available: https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/332/316

E. N. Subroto, A. Qohar, and D. Dwiyana, “Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 5, no. 2, p. 135, 2020, doi: 10.17977/jptpp.v5i2.13156.

I. W. Widana, “Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia,” J. Elem., vol. 7, no. 2, pp. 450–462, 2021, doi: 10.29408/jel.v7i2.3744.

Saminanto, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION Dengan Media Magic Math Cube bagi Siswa SMP. 2021.

Marini, A. R. As’ari, and T. D. Chandra, “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ),” J. Pendidik. Teor. Penelit. dan Pengemb., vol. 2, no. 4, pp. 470–477, 2017, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8755/4211

N. B. Hasanah and M. D. Kurniasih, “Analisis Pendekatan Iceberg Melalui Video Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Numerasi [Analysis of Iceberg’s Approach Through Learning Videos to Support Numerical Ability],” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6175–6181, 2022.

E. Mulyatiningsih, “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang,” Islam. Educ. J., p. 35,110,114,120,121, 2015.

Sugiyono, METODE PENELITIAN KUNTITATIF, KUALITATIF DAN R&D, 27th ed. Bandung: ALFABETA, cv, 2020.

M. A. Abdul Wahab, Junaedi, “Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1039–1045, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nuryadi, T. D. Astuti, E. S. Utami, and M. Budiantara, Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian, Pertama. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA, 2017.

R. E Walpole and R. H Myres, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, 4th ed. Bandung: ITB, 1995.

S. Apriliani, Sayidiman, and A. D. R. Tati, “Penerapan Model Realistic Mathematic Education ( RME ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No . 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene,” Pinisi J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2022.

S. Sugiman, “Peningkatan pembelajaran matematika dengan menggunakanPeningkatan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik.,” 2011. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/2011_PPM_Iceberg_0.pdf

Z. I. Aditya Wardhana, Uji Validitas dan Reliabilitas pada Data Penelitian Kuantitatif, Pertama., no. Juni. P{urbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA, 2024. [Online]. Available: https://exsight.id/blog/2022/04/18/uji-validitas-realibilitas-di-kuisioner/

F. Faradisa, U. Riau, S. Suarman, U. Riau, G. Gusnardi, and U. Riau, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbantu Situs Liveworksheets untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, no. January. 2023.

W. A. Mujawal, A. Bani, and K. La Nani, “Penggunaan media komik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV,” J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 1–14, 2018.

A. K. Dewi and A. M. Surur, “Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun,” J. Literasi Digit., vol. 1, no. 3, pp. 174–179, 2021, doi: 10.54065/jld.1.3.2021.67.

N. R. Sari and A. Mutaqin, “Pengembangan Media Komik Berbasis RME (Realistic Mathematics Education) Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP,” Wilan. J. Inov. dan Ris. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 4, pp. 292–301, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/21904/11667

A. M. Retta, “Penggunaan Iceberg Dalam Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI),” Pros. Semin. Nas. Pendidik. FKIP Univ. Muhammadiyah Palembang, vol. 1, no. 1, pp. 72–80, 2016.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.